Tesis

Akurasi Diagnostik RT-PCR Saliva Dibandingkan Usap Nasofaring untuk Diagnosis COVID-19 = Diagnostic Accuracy of Saliva RT-PCR Compared to Nasopharyngeal Swab for COVID-19 Diagnosis.

Latar Belakang. Coronavirus Disease-19 (COVID-19) sampai sekarang masih menjadi ancaman kesehatan global. Baku emas diagnosis COVID-19 adalah pemeriksaan RT-PCR dari sampel usap nasofaring. Pengambilan sampel dengan cara ini memiliki kekurangan seperti rasa tidak nyaman pada pasien, risiko perdarahan, dan risiko paparan pada tenaga medis. Saliva merupakan salah satu alternatif sampel yang bisa digunakan untuk tujuan ini. Tujuan. Mengetahui sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif, nilai duga negatif, dan akurasi RTPCR saliva. Metode. Penelitian potong lintang pasien dewasa suspek COVID-19 pada April-Juni 2021 di instalasi gawat darurat rumah sakit Siloam Lippo Village. Pasien yang memenuhi syarat dan menyatakan setuju dilakukan pemeriksaan RT-PCR dari sampel usap nasofaring dan saliva. RTPCR dikerjakan dengan menilai gen N dan gen ORF1AB menggunakan alat Rotorgen QPlex-5Plus dengan batas positif CT Value

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Haryanto Surya - Nama Orang
Ari Fahrial Syam - Nama Orang
Cleophas Martin Rumende - Nama Orang
Erni Juwita Nelwan - Nama Orang

No. Panggil
T23109fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xx, 57 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23109fkT23109fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Akurasi Diagnostik RT-PCR Saliva Dibandingkan Usap Nasofaring untuk Diagnosis COVID-19 = Diagnostic Accuracy of Saliva RT-PCR Compared to Nasopharyngeal Swab for COVID-19 Diagnosis.

Related Collection